Minggu, 11 Januari 2015

Pengertian Penyakit Varises

Edit Posted by with No comments
Pengertian Penyakit Varises- Kali ini saya akan membahas tentang penyakit varises dan apa yang bisa menyebabkan penyakit varises itu? Simak berikut ini:

Varises adalah pembengkakan yang terjadi pada pembulu darah yang berada di dekat permukaan kulit, pembengkakan pembuluh darah ini mengakibatkan munculnya urat biru halus di permukaan kulit. Meski dapat muncul di bagian tubuh mana pun, namun pada umumnya gangguan ini muncul pada area kaki dan perut. Pembengkakan tersebut terjadi karena adanya tekanan darah yang begitu kuat pada pembuluh darah yang menyebabkan adanya distorsi pada pembuluh darah tersebut.

Jika dibandingkan dengan pembuluh darah lain di tubuh, pembuluh darah yang berada di kaki memiliki tugas yang sangat berat karena harus mengalirkan kembali darah ke jantung. Jika tekanan yang terjadi lebih kuat dari katup pembuluh darah maka darah akan terakumulasi pada pembuluh darah tersebut dan mengakibatkan munculnya urat biru halus di sekitar permukaan kulit.

Untuk lebih mudahnya dapat kita analogikan dengan selang air yang menggelembung karena banyaknya air yang harus dialirkan namun katup atau lubang pada selang tersebut terlalu kecil.

Penyebab

Banyak sekali hal dan faktor yang dapat memicu terjadinya varises di sekitar kaki dan tubuh anda, tentu saja telah bercampur dengan mitos atau keyakinan segelintir orang yang sama sekali tidak bisa dibuktikan. Salah satu penyebab yang tidak bisa dibuktikan adalah “berdiri terlalu lama“. Anda tentu sering membaca di blog kesehatan lain tentang salah satu penyebab tersebut.

Kami tekankan kembali bahwa itu hanyalah keyakinan mereka saja dan sama sekali tidak bisa dibuktikan secara medis. Di bawah ini kami uraikan beberapa penyebab varises yang kami kutip dari ahli kesehatan :

 Faktor usia, biasanya muncul ketika usia seseorang mulai menginjak umur 40 tahun ke atas. Ini lah fakta yang ada di lapangan dan bisa dibuktikan di sekitar anda.

 Berat badan, memiliki berat badan yang tidak wajar meningkatkan resiko seseorang terkena gangguan ini. Tekanan berat badan pada kaki dapat mengakibatkan pembengkakan pada pembuluh darah.
  •     Perubahan hormon tubuh
  •     Penggunaan obat-obatan yang mengandung estrogen dan progesteron
  •     Terkena paparan sinar matahari
  •     Faktor genetic, faktor keturunan menjadi salah satu penyebab yang diyakini oleh ahli medis. Banyaknya kasus yang ditemukan pada para pasien menimbulkan keyakinan kuat akan hal ini.
  •     Faktor gender, diakui atau tidak, varises lebih banyak menyerang kaum wanita. Bukan berarti bahwa kaum pria tidak dapat terkena gangguan ini, namun jika anda wanita maka resiko terhadap varises jauh lebih besar dibanding pria.
Jenis-jenis

Gangguan ini dapat muncul di semua bagian tubuh anda termasuk perut dan wajah. Banyaknya kasus varises pada kaki yang sering ditemukan menyebabkan adanya anggapan bahwa pembengkakan pada pembuluh darah hanya ada pada daerah kaki. Berikut kami rangkumkan beberapa jenis varises di lihat dari segi tempat munculnya gangguan tersebut:
  • Pada kaki, jenis ini merupakan jenis yang paling umum dan mudah ditemukan pada wanita yang menginjak usia 40 tahun ke atas.
  • Pada perut, secara garis besar jenis ini tidak ada bedanya dengan tipe pertama. Perbedaan satu-satunya adalah tempat kemunculannya.
  • Pada pinggul, biasanya muncul saat seseorang berada pada masa kehamilan. Pada saat kehamilan terjadi perubahan hormonal dan aliran darah yang meningkat, hal tersebut dapat menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah yang pada ahirnya memicu munculnya varises
Baca juga artikel pengobatan varises tradisional, link berikut ini: http://obattradisionalacemaxs.net/obat-tradisional-untuk-varises/

0 komentar:

Posting Komentar